Minggu, 25 Maret 2012

Laporan Kunjungan Industri

#Kata Pengantar
Puji syukur kami ucapkan pada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya,Sehingga Laporan Kunjungan Industri di PT.Sinar Sosro ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa kendala. Laporan Kunjungan Industri ini berdasarkan data-data yang diperoleh berdasarkan melakukan kunjungan industri. Laporan Kunjungan Industri ini tidak lepas dari kerja sama yang kompak dari kelompok kami. Kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Praktik Industri ini. Demikian kata pengantar ini kami buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada umumnya.

#Pedahuluan
I. Latar Belakang
PT.Sinar Sosro adalah perusahaan yang bergerak di bidang teh. PT Sinar Sosro merupakan perusahaan minuman the siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan yang pertama di dunia yang berdiri pada tahun 1970 dan didirikan oleh Bp Sosrodjojo. Perusahaan ini memproduksi minuman teh dalam botol bernama Teh Botol,Joy Tea,Fruit tea,dll. Sebagai perusahaan minuman terkemuka di dunia PT.Sinar Sosro memiliki beberapa perkebunan teh yang tersebar di Indonesia yaitu di Cianjur,Garut,Pangalengan,Tassikmalaya,dll




II. Tujuan
1. Untuk mengetahui alat-alat dan cara kerja pada pabik
2. Sebagai tindak lanju pelajaran teori yang kita pelajari di kelas
3. Untuk menambah pengetahuan





#Pembahasan
1.Sejarah Singkat
Seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan, maka sejak Tanggal 27 November 2004, PT SINAR SOSRO dan PT GUNUNG SLAMAT bernaung dibawah perusahaan induk (holding company) yakni PT ANGGADA PUTRA REKSO MULIA (Grup Rekso) yang berkantor Pusat di :
-Gedung Graha Rekso Jl. Boulevard Artha Gading Kav A1
-Sentra Bisnis Artha Gading – Kelapa Gading - Jakarta Utara, 14240
PT. SINAR SOSRO Berdiri pada tahun 1974, PT SINAR SOSRO merupakan perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia.
*Keterangan untuk produk PT. Sinar Sosro :
-Teh botol Sosro menggunakan bahan baku : air, gula industri dan teh hijau yang dicampur dengan bunga melati dan bunga gambir (dikenal dengan teh wangi).
-Fruit Tea menggunakan bahan baku yakni : air, gula industri, teh hitam dan konsentrat sari buah asli.
-Joy Tea Green menggunakan bahan baku : air, gula industri dan teh hijau.
TEH CELUP SOSRO
Teh Celup Sosro merupakan produk teh siap saji yang dihasilkan oleh PT. GUNUNG SLAMAT (sister company dari PT. Sinar Sosro) dengan varian produknya antara lain adalah:
Teh Celup Sosro isi 5, 10, 15, 30, 50 dan 100 sachet
Teh Celup Sosro kemasan Batik isi 25 sachet dengan pilihan Teh Hitam (Black Tea), Teh Hijau
(Green Tea), dan Teh Melati (Jasmine Tea)
All products:
-HAPPY JUSS
-COUNTRY CHOICE
-TEBS
-STEE
-PRIM-A
SOSRO merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia. Nama SOSRO diambil dari nama keluarga pendirinya yakni SOSRODJOJO. Tahun 1940, Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di sebuah kota kecil bernama Slawi di Jawa Tengah. Pada saat memulai bisnisnya,produk yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap Botol dimana daerah penyebarannya masih di seputar wilayah Jawa Tengah.
Tahun 1953, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta untuk memperkenalkan produk Teh Cap Botol yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah.
Tahun 1953, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta untuk memperkenalkan produk Teh Cap Botol yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah.
Perjalanan memperkenalkan produk Teh Cap Botol ini dimulai dengan melakukan strategi CICIP
RASA (product sampling) ke beberapa pasar di kota Jakarta.
Awalnya, datang ke pasar-pasar untuk memperkenalkan Teh Cap Botol dengan cara memasak dan menyeduh teh langsung ditempat. Setelah seduhan tersebut siap, teh tersebut dibagikan kepada orang-orang yang ada di pasar. Tetapi cara ini kurang berhasil karena teh yang telah diseduh terlalu panas dan proses
penyajiannya terlampau lama sehingga pengunjung di pasar yang ingin mencicipinya tidak sabar menunggu.


Cara kedua, teh tidak lagi diseduh langsung di pasar, tetapi dimasukkan kedalam panci-panci besar untuk selanjutnya dibawa ke pasar dengan menggunakan mobil bak terbuka. Lagi-lagi cara ini kurang berhasil karena teh yang dibawa, sebagian besar tumpah dalam perjalanan dari kantor ke pasar. Hal ini disebabkan pada saat tersebut jalanan di kota Jakarta masih berlubang dan belum sebagus sekarang.

Akhirnya muncul ide untuk membawa teh yang telah diseduh di kantor, dikemas kedalam botol
yang sudah dibersihkan. Ternyata cara ini cukup menarik minat pengunjung karena selain praktis
juga bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu menunggu tehnya dimasak seperti cara sebelumnya.

Pada tahun 1969 muncul gagasan untuk menjual teh siap minum (ready to drink tea) dalam kemasan botol, dan pada tahun 1974 didirikan PT SINAR SOSRO yang merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan di dunia.
Model botol untuk kemasan Tehbotol Sosro mengalami tiga kali perubahan yakni :
1. Botol Versi I
Dikeluarkan pada tahun 1970 dengan merek TEHCAP BOTOL SOFT DRINK SOSRODJOJO.
2. Botol Versi II
Dikeluarkan pada tahun 1972 dengan merek TEH CAP BOTOL (dengan penulisan ”CAP” lebih kecil,
sehingga orang lebih membaca TEH BOTOL), selain itu Penulisan Soft Drink dihilangkan, dan tulisan TEH BOTOL diganti dengan warna merah putih yang menggambarkan produk asli Indonesia. Penulisan Sosrodjojo juga disingkat menjadi SOSRO dalam logo bulat merah.
3. Botol Versi III
Pada tahun 1974, terjadi perubahan design botol yang ke-III. Design botolnya tidak seperti botol versi I & II. Dengan bentuk botol yang baru dan perubahan pada penulisan merk TEHBOTOL SOSRO pada kemasannya. Design botol ke-III ini diperkenalkan seiring dengan didirikannya pabrik PT. SINAR SOSRO yang pertama di daerah Cakung, Jakarta.

Bisnis SOSRO sampai dengan saat ini sudah
dijalankan oleh tiga Generasi SOSRODJOJO yakni :
* Generasi Pertama (Pendiri Grup Sosro) :
o Bapak Sosrodjojo (Alm.)
* Generasi Kedua
o Bapak Soemarsono Sosrodjojo (Alm.)
o Bapak Soegiharto Sosrodjojo
o Bapak Soetjipto Sosrodjojo
o Bapak Surjanto Sosrodjojo
* Sejak awal tahun 1990, bisnis ini telah mulai dikelola oleh cucu Bapak Sosrodjojo atau dapat juga disebut dengan Generasi Ketiga. Pengembangan bisnis minuman teh selanjutnya dilakukan oleh dua perusahaan :
* PT. SINAR SOSRO, perusahan yang memproduksi Teh Siap Minum Dalam Kemasan.Produk-produknya adalah Tehbotol Sosro, Fruit Tea Sosro, Joy Tea Green Sosro, TEBS, Happy Jus, dan Air Minum Prim-A.
* PT. GUNUNG SLAMAT, perusahaan yangmemproduksi Teh Kering Siap Saji. Produk- produknya adalah Teh Celup Sosro, Teh Cap Botol, Teh Poci, Teh Terompet, Teh Sadel, Teh Sepatu dan Teh Berko, PT. GUNUNG SLAMAT mendapatkan penghargaan sebagai Top Brand Award 2008 untuk kategori Teh Celup.
2. VISI Dan Misi
  
  * VISI
        Sebuah cita-cita menjadi perusahaan mnuman yang dapat melepaskan rasa dahaga konsumen kapan
        saja dan dimana saja serta memberi nilai tambah kepada semua pihak yang terkait
  * MISI
       1.Membangun merek sosro sebagai merek teh yang alami, berkualitas, dan unggul
       2.Melahirkan merek dan produk minuman baru,baik yang berbasis teh maupun non teh,dan menjadikan                              
          pemimpin pasar dalam kategorinya
       3.Membangun dan memimpin jaringan distribusi
       4.Menciptakan dan memelihara komitmen terhadap pertumbuhan jangka panjang baik dalam volume
          penjualan maupun penciptaan pelanggan.
       5.Membangunsumber daya manusia dan melahirkan pemimpin yang sesuai dengan nilai-nilai utama
          perusahaan
       6.Menyumbang devisa ke negara

3. Standar SOSRO

3K dan RL yakni :
-Peduli terhadap KUALITAS
-Peduli terhadap KEAMANAN
-Peduli terhadap KESEHATAN
-Serta RAMAH LINGKUNGAN

# Kegiatan Yang Dilakukan
 Setelah turun dari bus kami semua foto bersama di halaman pabrik tersebut.Lalu kami di dampingi oleh 2 karyawan pabrik yang memandu kami selama berada disana. mereka ditugaskan khusus menyambut tamu yang berkunjung ke pabrik Sosro serta menjelaskaan seluruh detail baik sejarah PT Sinar Sosro hingga proses produksinya. Ruang display adalah tempat pertama yang dikunjungi. Di ruang yang baru diresmikan awal Juli 2011 tersebut sejarah tentang teh diberbagai penjuru dunia bisa kita temukan dengan tulisan serta gambar berukuran besar terpajang ditembok.

Sejarah berdirinya PT. Sinar Sosro oleh Sosrodjojo pendiri Sosro yang bermula dari kota kecil di Slawi, Jawa Tengah tahun 1940 silam bisa kita temui. Bahkan, proses pembuatan teh yang saat dirintis oleh Sosrodjojo yang semula hanya menjual teh kering dengan merek Teh Cap Botol. Ruang display ukuran 7x9 meter tersebut juga memberikan informasi serta edukasi. Bagaimana tidak, tanpa kerja keras, inovasi serta komitmen untuk menyehatkan bangsa dengan teh serta niat baik , PT. Sinar Sosro tidak akan sebesar sekarang bahkan telah mendunia.

Hal tersebut bisa kita temui dibagian tengah ruang display tersebut, cerita suka duka Sosorodjojo saat awal merintis dan memperkenalkan teh ke masyarakat dengan menjualnya ke pasar tradisonal. Awalnya, Sosrodjojo hanya menjual teh didalam plastik, lalu lama-kelamaan banyak orang yang menyukainya. Karena faktor tersebut maka Ia melakukan promosi dengan cara melakukan demo masak di pasar, tetapi cara ini gagal karena untuk merebus memerlukan waktu yang lama. Akhirnya dilakukanlah dengan cara membawa teh yang sudah jadi dengan panci, tetapi cara ini juga gagal karena teh tumpah saat perjalanan.

Dan yang terakhir menggunakan botol limun atau kecap yang kosong lalu dibersihkan dan diisi teh yang sudah jadi. Cara ini berhasil, minuman awet dan akhirnya metode itu digunaka Sosrodjojo hingga sekarang ini. Pada tahun 1969 muncul gagasan untuk menjual teh siap minum (ready to drink tea) dalam kemasan botol, dan pada tahun 1974 didirikan PT Sinar Sosro yang merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan di dunia.Usai keruang display kita di ajak ke ruang auditorium.Di ruang auditorium yang mirip gedung bioskop itu, kami menonton proses pembuatan Teh Botol Sosro mulai proses pembuatan, hingga siap minum.Disana kami tidak boleh memfoto dan mengeluarkan HP.  Kami pun harus mematuhi aturan yang memang diberlakukan untuk semua pengunjung, termasuk kami.Setelah itu kami di ajak melihat proses pembuatan teh botol sosro.Disana kami juga tidak boleh mengeluarkan HP, memfoto dan mengajak bicara karyawan yang sedang bekerja.
Lalu kami di ajak untuk melihat proses pengolahan limbah yang di jadikan pupuk untuk tanaman-tanman yang ada di sana.Kemudian kami di ajak untuk menikmati produk-produk dari sosro gratisdan kami pun juga disuguhi makanan.Disana juga disediakan game untuk kami.Setelah itu kami semua naik ke bus dan melanjutkan perjalanan ke Jogja untuk piknik.

# Penutup
  Demikian yang dapat kami paparkan mengenai Laporan Kunjungan Industri  tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi. Demikianlah yang dapat kami sampaikan semoga laporan ini bermanfaat bagi orang banyak dan jika ada kesalahan kami mohon maaf sebesar-besarnya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar